Syarat Perpanjang SKCK

 


Masa berlaku SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang udah abis harus di-update lagi, bro. Ini penting banget soalnya SKCK itu dokumen penting yang sering dibutuhin buat berbagai urusan, contohnya buat nyari kerja.


Terus, gimana sih cara memperbarui atau memperpanjang SKCK yang udah abis masa berlakunya? Gampang, bro! Kamu perlu dateng langsung ke kantor kepolisian yang menerbitkan SKCK kamu sebelumnya. Biasanya ada prosedur dan formulir yang harus diisi dan jangan lupa juga bawa uang buat bayar biaya perpanjangan SKCK, ya.


Jadi, inget deh buat ngupdate SKCK kamu sebelum habis masa berlakunya. Biar urusan kamu jadi lancar dan nggak ribet. Semoga informasi ini bisa membantu, bro!


Syarat Perpanjang SKCK


Bro, buat bikin SKCK baru atau ngeperbarui serta ngextend masa berlakunya yang udah abis, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Nih, berikut syarat-syaratnya:


1. Lembar SKCK lama yang asli atau udah dilegalisir (gak boleh udah abis masa berlakunya lebih dari 1 tahun).

2. Fotokopi KTP atau SIM kamu.

3. Fotokopi Kartu Keluarga.

4. Fotokopi Akta Kelahiran atau Kenal Lahir.

5. Tiga lembar pas foto terbaru berwarna dengan ukuran 4x6.

6. Isi formulir perpanjangan SKCK yang bisa didapetin di kantor Polisi.


Tapi inget, bro, ada beberapa catatan penting juga:


1. Polsek gak akan ngeluarin SKCK buat keperluan kayak melamar atau nyiapin administrasi PNS/CPNS.

2. Polsek atau Polres yang ngeluarin SKCK harus sesuai dengan alamat yang tertera di KTP atau SIM kamu.


Jadi, pastiin kamu lengkapin semua persyaratannya ya, bro. Semoga informasi ini bisa bantu kamu buat ngurus SKCK dengan lancar.


Masa Berlaku SKCK


Nih, bro, sesuai info resmi dari situs Polri, masa berlaku SKCK itu cuman sampe 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitin. Kalo udah lewat masa berlakunya, tapi masih diperlukan, kamu bisa deh ngeperbarui atau ngextend SKCK-nya sesuai kebutuhan kamu.


Biaya Pembuatan SKCK


Bro, biaya buat bikin dan ngextend SKCK udah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Polri.


Di Pasal 1 ayat 2 disebutkan kalo tarif buat ngeluarin SKCK atau buat ngextend SKCK per penerbitannya itu sebesar Rp 30.000. Nah, biaya tersebut bisa langsung diberikan ke petugas Polri di tempat dan masuk sebagai penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Jadi, kamu bisa langsung bayar biayanya ke petugas Polri di sana.


Jadi, pastiin kamu siapin duit segitu buat biaya pembuatan atau perpanjangan SKCK kamu, ya, bro.

Next Post Previous Post