10 Fakta Tentang ST. Patrick's Day Yang Jarang Diketahui Orang

 


ST. Patrick's Day, atau Hari St. Patrick adalah perayaan agama yang diadakan setiap tahun pada tanggal 17 Maret untuk memperingati Santo Pelindung Irlandia, St. Patrick. Selama bertahun-tahun, perayaan ini telah menjadi hari raya global yang dirayakan oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Namun, meskipun banyak orang mengenal ST. Patrick's Day, masih banyak fakta menarik yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Berikut adalah 10 fakta tentang ST. Patrick's Day yang jarang diketahui.


1. Tidak hanya di Irlandia

Meskipun ST. Patrick's Day dianggap sebagai perayaan Irlandia, perayaan ini juga diadakan di negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia Baru.


2. Berawal dari mitos

Saat ini, ST. Patrick's Day dirayakan sebagai perayaan keagamaan, namun sebenarnya, perayaan ini berasal dari mitos dan legenda. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah tentang St. Patrick mengusir ular dari Irlandia.


3. Warna yang berbeda

Orang sering mengaitkan ST. Patrick's Day dengan warna hijau, tetapi sebenarnya warna yang asli adalah biru. Namun, karena hijau adalah warna nasional Irlandia dan hijau juga dikaitkan dengan tanaman trefoil, maka hijau digunakan sebagai warna resmi perayaan.


4. Di Amerika Serikat

ST. Patrick's Day dirayakan secara meriah di Amerika Serikat. Setiap tahun, New York City mengadakan Parade Hari St. Patrick yang menjadi perayaan terbesar di dunia.


5. Tidak semua makanan berwarna hijau

Meskipun banyak makanan yang disajikan berwarna hijau pada ST. Patrick's Day, sebenarnya tidak semua makanan yang dimakan pada perayaan ini berwarna hijau. Beberapa hidangan khas yang biasa disajikan antara lain kentang, jagung, dan kubis.


6. Lambang nasional

Trefoil atau shamrock adalah lambang nasional Irlandia dan juga menjadi lambang resmi ST. Patrick's Day. Menurut legenda, St. Patrick menggunakan trefoil untuk menjelaskan konsep tentang Tritunggal Kudus kepada orang-orang Irlandia.


7. Pintu gratis

Pada ST. Patrick's Day, pintu dari banyak pub di Irlandia terbuka untuk siapa saja yang ingin masuk. Pub-pub ini juga menawarkan minuman gratis sebagai cara untuk merayakan perayaan ini.


8. Pada bulan Maret

ST. Patrick's Day selalu diadakan pada tanggal 17 Maret setiap tahunnya, meskipun tanggal ini jatuh pada hari apa pun. Hal ini karena tanggal tersebut merupakan hari St. Patrick meninggal.


9. Lagu-lagu keren

Selama perayaan ST. Patrick's Day, lagu-lagu Irlandia dan Celtic sering diputar. Beberapa lagu terkenal yang sering diputar di antaranya "Danny Boy", "When Irish Eyes are Smiling", dan "The Wild Rover".


10. Di luar angkasa

Bahasa Gaelic, bahasa asli Irlandia, telah dipakai di luar angkasa pada hari ST. Patrick's Day. Pada tahun 2013, astronaut NASA Chris Hadfield mengirim pesan ucapan selamat kepada orang Irlandia di seluruh dunia dengan menggunakan bahasa Gaelic dari Stasiun Antariksa Internasional.


Itulah 10 fakta tentang ST. Patrick's Day yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Meskipun perayaan ini berawal dari mitos, namun sekarang telah menjadi perayaan global yang dirayakan dengan meriah. Banyak makanan, minuman, musik, dan tarian khas Irlandia yang dapat dinikmati selama perayaan ini. Jadi, jika Anda ingin mengalami ST. Patrick's Day dengan lebih mendalam, coba nikmati hidangan khas dan tarian Irlandia, dengarkan musik Celtic, dan kenakan pakaian berwarna hijau atau biru untuk merayakan perayaan ini. Sláinte!

Next Post Previous Post